SUDUT PANDANG #2 : Zirah Setelah Batal Pagelaran dan Ditinggal Vokalis

SUIGENERIS Playlist July 2020
July 29, 2020
SG SUCCESS STORY #01 : DBM Case Ciptakan Pasar Sendiri Melalui Custom Case Gitar
August 9, 2020

SUDUT PANDANG #2 : Zirah Setelah Batal Pagelaran dan Ditinggal Vokalis

(Kiri ke kanan) : Raissa Faranda (gitar), Talitha Mailangkay (drum), dan Anissa Yasmin (bass)

“Sudah jatuh, tertimpa tangga pula,” mungkin itu peribahasa yang terlintas di benak saya saat melihat kondisi band Zirah saat ini. Bagaimana tidak? Setelah harus bersabar membatalkan showcase debut mereka, “Pargelaran Siapa Kami” karena situasi pandemi, vokalis mereka Alyssa Isnan dikabarkan mundur dari band pada pertengahan bulan lalu.

“…dengan berat hati lagi, kami ingin memberitahu bahwa vokalis @alissaisnan sudah tidak bersama Zirah lagi. Zirah sangat bersyukur memiliki kesempatan untuk menggarap EP pertama kami bersama Aly. Bahkan Aly juga yang banyak ikut andil dalam terbentuknya Zirah sejak awal. Kami harap Aly bisa melanjutkan segala rencana-rencananya dengan lancar. Doa terbaik untukmu, “ ketik Zirah di postingan pada akun Instagram @suarazirah 13 Juli yang lalu.

Berdasarkan artikel yang ditulis Medcom.id pada 20 Juli lalu, diketahui bahwa Aly hengkang karena akan memulai kehidupan yang baru dengan menikah.

Saat SuiGeneris Blog mengkonfirmasi langsung dengan tiga personel Zirah yang tersisa : Raissa Faranda (gitar), Talitha Mailangkay (drum), dan Anissa Yasmin (bass) melalui aplikasi pesan singkat, mereka bertiga kompak mengiyakan alasan tersebut. “Ya, Bisa jadi, Bisa jadi!” ungkap ketiga gadis ini melalui voice message.

Meski harus menghadapi dinamika band yang bertubi-tubi dalam waktu berdekatan, ketiga personel Zirah mengaku tetap bersemangat melanjutkan Zirah.

“Nggak sih, gue malah makin bersemangat karena gue ingin membuktikan kita tetep strong walaupun ini semua terjadi kepada kita,” ungkap Raissa Faranda, sang gitaris.

“Nggak hilang semangat. Malah visinya jadi makin terbentuk dan jadi sama-sama semangat,” tambah drummer Talitha Mailangkay.

Ditanya soal calon vokalis pengganti Aly, ketiganya malah membalasnya dengan candaan khas mereka, “Once” “Yeah!” celetuk mereka. Hal ini diperjelas oleh manajer mereka. Taqwaditra yang menjawab bahwa untuk sementara ini Zirah akan jalan bertiga saja. “Belum nyari (emote tertawa sedih),” ujar pria yanga akrab disapa Awa ini.

Sebagai bukti bahwa Zirah masih betul-betul semangat meski ujian bertubi-tubi menimpa mereka, Raissa dkk pun merilis single kejutan berjudul “Sial Kau Corona.” Ditulis langsung oleh sang gitaris, “Sial Kau Corona” mendapat bantuan dari musisi Refo dan Fauna.

“Jadi Refo itu senior gue di kampus,” buka Raissa. “Dia ngajak kita featuring, setelah kita oke dengan featuring di lagu dia, kita tukeran deh, kenapa kita nggak ajak Refo aja di lagu kita? Gantian,” lanjut Talitha.

Menurut Rai, begitu sang gitaris disapa, awalnya lagu “Sial Kau Corona” adalah lagu spontan yang dibikin saat sedang pada check sound saat promosi di salah satu radio.

“Awalnya lagi check sound buat live session nya Ardan, habis itu pas check sound Rai genjreng-genjreng, gue takdus-takdus, Yasmin deng-deng-deng, jadi lah! Spontan aja nyanyi-nyanyi, pakai lirik yang ada di kepala, saut-sautan, jadi lah itu,” ungkap Talitha.

Meski dibuat saat Aly masih ada di dalam Zirah, namun diakui ketiganya “Sial Kau Corona” adalah murni hasil ciptaan tiga personel Zirah tersisa. “Waktu itu Aly nggak datang check sound, jadi itu kita buatnya bertiga pada saat itu. Dari awal bikin lagu udah bertiga, terus pas aja waktunya dia cabut, jadi bertiga,” lanjut Rai.

“Sial Kau Corona” sendiri merupakan ungkapan kesedihan Zirah karena harus membatalkan “Pagelaran Siapa Kami”. Dirilis pada 22 Juli 2020 dan sudah tersedia di seluruh platform streaming favorit kamu.

Ditanya soal apa rencana band ini selanjutnya, ketiganya kompak menjawab belum kepikiran. “Semoga kita bisa membuat (pagelaran) yang lebih besar tahun depan, amin” tutup pemain bass, Yasmin.

FOTO ZIRAH : OLEH HAZBI FAIZASYAH